Recent Posts

Senin, 29 Desember 2008

Yes,We Are All Designer!!!

Masa libur akhir tahun 2008 ini banyak saya habiskan untuk berhibernasi di kamar saja.. Mendalami beberapa hal diluar desain, itu judulnya! Sembari “mengunyah” ratusan halaman literasi dari beberapa buku baru & tabungan halaman web/blog desainer yang tak sempat terbaca selama ini. Didasari oleh sebuah artikel yang dibuat teman saya diblognya (dengan judul yang sama) ditambah petikan gitar Eddie Vedder & teriakan maskulin-nya Bryan Adams membuat saya terinspirasi untuk membuat sebuah karya. Cliing, maka jadilah ini…











Karya diatas mendeskripsikan bahwa siapapun kita, pada dasarnya lewat aktifitas2 sederhana harian, telah dan sering menerapkan pola desain didalamnya. Lewat pemilihan warna cat yang cocok untuk pagar dan tembok rumah kita sewaktu akan lebaran, pengkomposisian letak tempat tidur dan barang2 dikamar kontrakan kita yang sempit, pemilihan baju & rok saat ibu kita akan kondangan dsb adalah aktifitas2 yang pada dasarnya juga terjadi pada eksekusi desain.

Yang membedakannya, mungkin hanya wacana profesi saja. Makanya, desain diatas mencoba mengangkat hal tsb. Saya menampilkan Nevile Broody, David Carson, Tibor Kalman dkk sebagai representasi desainer "mapan" yang selama ini kita anggap sebagai simbol kehebatan seorang desainer. Sultan Hamid II & Fatmawati Soekarno sebagai representasi dari hal lain yang tak boleh dilupakan. Mereka berdua adalah kreator (baca juga : desainer nasionalis) lambang negara kita Garuda Pancasila & bendera Merah Putih. Terus, siapa Ujang, Rodiah & Pi'i?..hehe, ya mereka itu adalah representasi dari "orang-orang biasa" disekitar kita yang juga menerapkan pola pikir desain dalam prilaku keseharian nya. (Boleh diganti koq namanya sama nama tetangga, saudara atau kecengan anda..hehe). Orang-orang itulah yang mengkombinasikan warna cat rumahnya, menata kamar kontrakan juga memilih baju kondangannya. Mereka juga Desainer!! sama seperti kita..hanya mungkin dalam konteks yang berbeda. Jadi kalo dari dulu kita punya paradigma bahwa desainer adalah yang sekolah di DKV, Interior, Seni Rupa atau sebagainya, mulai sekarang ubahlah dalam konteks yang lebih luas!
Setuju?

PS ; Art (visual) direction diatas mengadaptasi desain poster yang dibuat oleh Pentagram.
Pop, witty dan typography driven. Sempat saya iseng postingkan juga disini lho!

0 komentar:

Posting Komentar