Recent Posts

Rabu, 24 Desember 2008

Label Makanan Sebagai Representasi Desain Vernakular Kita

Desember 2007 adalah awal saya merasa tertarik untuk mulai mengumpulkan label-label makanan ringan (lokal) yang sering saya jumpai di jalan. Ketertarikan saya dimulai saat memperhatikan seorang teman yang memiliki kebiasaan mengumpulkan label makanan dari makan ringan yang dikonsumsinya untuk dibawa pulang dan menyelipkan pada buku catatannya sebagai bagian dari atribut diary-nya.

Dari situ saya mulai rajin berburu baik secara sengaja ataupun tidak sengaja. Caranya, jika suatu saat saya ke warung (dimanapun) dan melihat ada makanan ringan yang "asing" dan labelnya belum saya miliki, saya akan membeli makanan ringan tsb. Meski saya tak tahu apa rasa makanan tsb. Layaknya kegiatan jajan yang dilakukan anak kecil. Menurut saya, ada hal menarik dan bernilai dari sebungkus makanan ringan, lebih dari sekadar untuk dikonsumsi. Pada makanan-makanan tsb (kerupuk, krpik, dodol, roti dll) yang meski harganya murah saya menemukan pola pemikiran dan kreativitas desain komunikasi visual dari para pengelola industri makanan ringan rumahan. Pola-pola itu tercermin lewat gaya khas tipografi, lay-out-komposisi, warna sampai dengan teknik produksinya. Perhatikan, meski jenisnya beragam, namun satu sama lainnya memiliki gaya yang cenderung similiar.

Hal tersebut diatas tentunya tak lepas dari banyak aspek. Aspek-aspek tsb antaralain aspek antropologi, sosiologi, ekonomi, dan sosial budaya masyarakat (baik konsumen maupun produsen) makan ringan. Saya pikir, banyak hal yang masih bisa digali terlepas dari fungsi pragmatisnya label-label tsb (sebagai identitas perusahaan & informasi harga/komposis makanan). Label-label tersebut layaknya "artefak" yang mencerminkan kultur visual lokal sesungguhnya masyarakat kita.


* Foto By : Waone

4 komentar:

suryowidiyanto mengatakan...

wah seru dong berburu artefaknya....

richardfang mengatakan...

wah keren nih, ayo di bikin web khusus untuk yg beginian :D

Unknown mengatakan...

rajin sekali masnya ini :-)

Unknown mengatakan...

Bisa pesen gak

Posting Komentar